Sunday, October 6, 2019

Strategi Merek/ Brand strategies (skripsi dan tesis)

Produsen, distributor atau pedagang pengecer dapat melakukan strategi merek sebagai berikut dibawah ini :
 1. Individu Branding/ merek individu Individu branding adalah memberikan merek berbeda pada produk baru seperti deterjen Surf dan Rinso dari Unilever untuk membidik segmen pasar yang berbeda seperti halnya pada Wings yang memproduksi deterjen merek So Klin dan Daian untuk segmen pasar yang beda.
 2. Family Branding/ Merek Keluarga Family branding adalah memberi merek yang sama pada beberapa produk dengan alasan mendompleng merek yang sudah ada dan dikenal masyarakat. Contoh family branding yakni seperti merk Gery yang merupakan merek dari Garudafood yang mengeluarkan banya produk berbeda dengan merek utama Gery seperti Gery Saluut, Gery Soes, Gery Toya-toya dan lain sebagainya. Contoh lain misalnya yaitu seperti motor Suzuki yang mengeluarkan varian motor Suzuki Smash, Suzuki Sky Wave, Suzuki Spin, Suzuki Thunder, Suzuki Arashi, Suzuki Shogun dan lain-lain. 
 Merek (brand) telah menjadi elemen krusial yang berkontribusi terhadap kesuksesan sebuah organisasi pemasaran, baik perusahaan bisnis maupun nirlaba, pemanufakturan maupun penyedia jasa dan organisasi lokal maupun global. Riset brand selama ini masih didominasi sector consumer market, terutama dalam kaitannya dengan produk fisik seperti barang. Namun demikian literature merek mulai berkembang pula untuk sektor pemasaran jasa, pemasaran bisnis dan pemasaran online. Bidang kajiannya pun sangat beragam, mulai dari sejarah manajemen merek, brand origin, brand pioneership dan brand name strategy hingga brand equity, brang extension, brand loyalty dan global branding

No comments:

Post a Comment