Sunday, May 10, 2020

Elemen Perilaku Pembelian Impulsif (skripsi dan tesis)

Menurut Loudon dan Bita (dalam Fikrah Wathani, 2009: 13) mengemukakan lima elemen penting yang membedakan tingkah laku konsumen yang impulsif dan tidak impulsif. Elemen-elemen tersebut yaitu: 1). Konsumen merasakan adanya suatu dorongan yang tiba-tiba dan spontan untuk melakukan suatu tindakan yang berbeda dengan tingkah laku sebelumnya. 2). Dorongan tiba-tiba untuk melakukan suatu pembelian menempatkan konsumen dalam keadaan ketidakseimbangan secara psikologis, dimana untuk sementara waktu merasa kehilangan kendali. 3). Konsumen akan mengalami konflik psikologis dan berusaha untuk menimbang antara pemuasan kebutuhan langsung dan konsekuensi jangka panjang dari pembelian.   4). Konsumen akan mengurangi evaluasi kognitif (proses berpikir) dari produk tertentu. 5). Konsumen seringkali melakukan impulse buying tanpa memperhatikan konsekuensi di masa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment