Sunday, May 10, 2020

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying (skripsi dan tesis)

Menurut Loudon dan Bitta (dalam Fikrah Wathani, 2009: 15) menjelaskan bahwa karakteristik produk, karakteristik pemasaran, dan karakteristik konsumen memiliki pengaruh terhadap munculnya perilaku pembelian impulsif. Karakteristik tersebut dijelaskan sebagai berikut: 1). Karakteristik produk yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif, yaitu: a). Memiliki harga yang rendah 28 b). Adanya sedikit kebutuhan terhadap produk tersebut c). Siklus kehidupan produknya pendek d). Ukurannya kecil dan ringan e). Mudah disimpan 2). Karakteristik pemasaran, hal-hal yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif antara lain: a). Distribusi massa pada self-service outlet terhadap pemasangan iklan besar-besaran dan material yang akan didiskon. b). Posisi barang yang dipamerkan dan lokasi toko yang menonjol turut mempengaruhi pembelian impulsif. 3). Karakteristik konsumen yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif, yaitu: a). Kepribadian konsumen. b). Demografis, karakteristik demografis terdiri dari gender, usia, status perkawinan, pekerjaan dan pendidikan. c). Karakteristik-karakteristik sosio-ekonomi yang dihubungkan dengan tingkat pembelian impulsif. 
Menurut Fatchur (2009: 251) faktor situasional dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, termasuk pembelian impulsif. Faktor situasional tersebut sangat komplek, sehingga dikelompokkan sebagai berikut: 1). Lingkungan fisik (physical surrounding) 2). Lingkungan sosial (social surrounding) 3). Perspektif waktu (temporal perspectives) 4). Sifat tujuan berbelanja (task definition) 5). Suasana hati pada saat berbelanja (antecedent states) Berdasarkan faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas, dapat dikatakan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku impulse buying konsumen diantaranya adalah kepribadian konsumen, pendidikan, dan lingkungan sosial

No comments:

Post a Comment