Sunday, May 10, 2020

Hubungan Atmosfer Gerai Terhadap Nilai Hedonik (skripsi dan tesis)

Suasana atau atmosfer gerai berperan penting memikat pelanggan, membuat nyaman mereka dalam memlih barang berbelanjaan dan mengingatkan mereka produk apa yang perlu dimiliki baik untuk keperluan pribadi maupunn untuk keperluan rumah tangga. Penampilan gerai meposisikan toko terhadap benak konsumen, Desain gerai diciptakan senyaman mungkin agar menarik konsumen untuk melakukan pembelanjaan sacara emosional dan diharapkan kembali ke gerai dimana ia belanja. Grerai adalah nilai tambah bagi para pembisnis ritel karena Konsumen saat ini lebih cerdas dengan memilih pusat perbelanjaan dengan atmosfer yang menyenangan, aman, nyaman, serta memberikan perasaan puas dan terhibur setiap kali melakukan aktivitas berbelanja.Perasaan senang yang dialami oleh konsumen ketikamelakukan aktivitas berbelanja merupakan sebuah peluang bagi para pengelola gerai. Semakin lama dan semakin puas konsumen berada dalam gerai tersebut, maka hal ini diharapkan akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelanjaan. Jurnal Felicia (2011; 125-139 ) No.2 mengemukakan bahwa peluang ini dapat tercipta ketika pihak gerai tersebut dapat menciptakan atmosfir gerai yang menyenangkan agar para pengunjung gerai, betah berlama-lama berada di gerai dan diharapkan ada tindakan lanjutan yaitu konsumen membelanjakan uangnya (aspek hedonisme). Aspek hedonisme inilah yang harus dibangkitkan oleh para pengelola gerai sehingga konsumen tidak hanya menjadi pembelanja yang bersifat utilitarian (belanja berdasarkan kebutuhan), namun juga diharapkan dengan suasana geraiyang menyenangkan akan menjadikan pengunjung gerai menjadi pembelanja yang bersifat hedonis.

No comments:

Post a Comment