Sunday, May 10, 2020

Karakteristik Perilaku Pembelian Impulsif (skripsi dan tesis)

Menurut penelitian Rook (1987: 193-195) pembelian impulsif memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut: 1). Spontanitas (spontaneity). Pembelian terjadi secara tidak diharapkan, tidak terduga dan memotivasi konsumen untuk membeli sekarang, seringkali dianggap sebagai respon terhadap stimulasi visual yang berlangsung di tempat penjualan. 2). Kekuatan, kompulsi dan intensitas (power, compulsion and intensity). Adanya motivasi untuk mengesampingkan hal-hal lain dan melakukan tindakan seketika. 3). Kegairahan dan stimulasi (excitement and stimulation). Keinginan mendadak untuk membeli disertai oleh adanya emosi yang dikarakteristikan dengan perasaan bergairah dan tidak terkendali. 4). Ketidakpedulian akan akibat (disregard for consequences). Desakan untuk membeli dapat menjadi begitu sulit ditolak, sehingga akibat negatif diabaikan.

No comments:

Post a Comment