Sunday, May 10, 2020

Strategi Pemasaran (skripsi dan tesis)

 Untuk mendapatkan respond serta memuaskan pasar sasaran. Salah satu unsur penting dalam menunjang keberhasilan suatu perusahaan yakni dengan menggunakan strategi dalam pemasaran. Strategi pemasara dibuat dengan cara menggunakan strategi bauran pemasaran. Kotler dan Amstrong (2001:78) menyebutkan Bauran Pemasaran adalah serangkaian alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat, promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan perusahaan dalam pasar sasaran. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan respond serta dapat memuaskan pasar sasaran. Berikut ini dibahas mengenai keempat variabel pokok dari bauran pemasaran, yaitu : 1. Produk (Product). Produk merupakan unsur pertama dalam bauran pemasaran. Karena produk yang akan dipasarkan tersebut sangat menentukan kedudukan perusahaan di pasar. Produk terdiri dari kualitas, merek, desain dan lain-lain. 2. Harga (Price). Penetapan harga yang tepat dilakukan oleh perusahaan terhadap produknya, merupakan hal penting yang harus dilaksanakan agar dapat dengan sukses memasarkan barang atau jasa yang ditawarkan. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan dan pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (produk, promosi dan saluran distribusi) menyebabkan timbulnya biaya (pengeluaran). Harga terdiri dari daftar harga, diskon, potongan harga khusus dan lain-lain. 3. Promosi (Promotion). Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum mengetahuinya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan membelinya. Oleh karena itu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan senantiasa mengacu pada usaha untuk memengaruhi konsumen, untuk dapat menciptakan permintaan atas suatu produk untuk kemudian dipelihara dan dikembangkan. Promosi terdiri dari promosi penjualan, priklanan, pemasaran langsung, public relation dan lain-lain. 4. Tempat (Place). Dalam upaya melancarkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen, maka salah satu faktor yang sangat penting dan harus mendapat perhatian khusus adalah memilih secara tepat saluran distribusi yang akan digunakan dalam menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Pemilihan saluran distribusi haruslah disesuaikan dengan keadaan dan situasi perusahaan dan harus dipertimbangkan secara cermat. Tempat terdiri dari lokasi saluran pemasaran, pengelompokan, persediaan dan transportasi

No comments:

Post a Comment