Sunday, May 10, 2020

Tujuan Pemasaran (skripsi dan tesis)

 Tujuan pemasaran adalah menghasilkan standar hidup yang lebih tinggi dan agar konsumen memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Selanjutnya, Peter Drucker (dalam Kotler dan Keller, 2009:6) mengemukakan bahwa tujuan dari pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Menurut Fandy Tjiptono (dalam Ogi Sulistian, 2011:22) ada beberapa tujuan yang ingin dicapai melalui pemasaran diantaranya: 1. Menciptakan kepuasan pelanggan melalui produk-produk yang berkualitas. 2. Meningkatkan kompetensi perusahaan terkait dengan pemasaran. 3. Menjawab tantangan kompetisi dalam dunia bisnis. 4. Menjalin relasi jangka panjang antara perusahaan dengan konsumen. 5. Memperoleh laba melalui perubahan dunia bisnis yang pesat. Pemasaran yang baik merupakan hasil rancangan (strategi) serta pelaksanaan yang cermat.Berdasarkan pendapat-pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pemasaran itu adalah untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan agar produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen dapat cocok di hati konsumen maupun pelanggan.

No comments:

Post a Comment