Menurut Bambang Riyanto (2001:39) beas kecilnya profit margin pada
setiap transaksi penjualan ditentukan oleh 2 faktor, yaitu penjualan bersih dan
laba usaha. Besar kecilnya laba usaha atau net operating income tergantung
kepada pendapatan dari penjualan (sales) dan besarnya biaya usaha (operating
expense). Dengan jumlah operating expense tertentu profit margin dapat
diperbesar dengan memperbesar sales atau dengan jumlah sales tertentu profit
margin dapat diperbesar dengan menekan atau memperkecil operating expense.
Dengan demikian maka ada 2 alternatif dalam usaha untuk memperbesar
profit margin yaitu:
- dengan menambah biaya usaha (operating expense) sampai tingkat
tertentu diusahakan tercapainya tambahan sales yang sebesar-besarnya,
atau dengan kata lain, tambahan sales harus lebih besar dari pada
tambahan operating expense. Perubahan besarnya sales dapat dapat
disebabkan karena perubahan harga per unit apabila volume sales
dalam unit sudah tertentu (tetap), atau disebabkan karena
bertambahnya luas penjualan dalam unit kalau tingkat harga penjualan
per unit produk sudah tertentu. Dengan demikian dapatlah dikatakan
bahwa pengertian menaikkan tingkat sales di sini dapat berarti
memperbesar pendapatan dari sales dengan jalan:
a. Memperbesar volume sales per unit pada tingkat harga penjualan
tertentu atau,
b. Menaikkan harga penjualan per unit produk pada luas sales dalam
unit tertentu. - Dengan mengurangi pendapatan dari sales sampai tingkat tertentu
diusahakan adanya pengurangan operating expenses yang sebesar-
besarnya, atau dengan kata lain mengurangi biaya usaha relatif lebih
besar daripada berkurangnya pendapatan dari sales. Meskipun jumlah
sales selama periode tertentu berkurang, tetapi oleh karena disertai
dengan berkurangnya operating expenses yang lebih sebanding maka
akibatnya ialah bahwa profit marginnya makin besar.
No comments:
Post a Comment