Friday, August 16, 2024

Pengertian Kualitas Produk

 


Kamus bahasa Indonesia menjelaskan kualitas produk adalah
tingkat baik atau buruknya sesuatu. Menurut (Anggraeni, 2016) kualitas
produk adalah kapasitas item untuk melakukan kapasitas dan eksekusi
yang dapat mengatasi masalah dan keingan klien. Kualitas barang
merupakan sesuatu yang esensial yang harus dimiliki suatu barang.
Perusahaan harus benar-benar dapat memahami apa yang dibutuhkan
konsumen atas suatu produk yang akan dihasilikan. Kualitas produk
sebagai kemampuan produk untuk memenuhi atau melebihi ekspetasi
dari pelanggan, sehingga menimbulkan keputusan untuk membeli
(Kotler et al. 2018).
Payme (2000) memandang kualitas dari dua perspektif, yaitu
internal dan eksternal. Kualitas internal didasarkan pada kesesuaian
dengan spesifikasi atau standar yang telah ditetapkan Perusahaan.
Sedangkan kualitas eksternal didasarkan pada kualitas yang
dipersepsikan pelanggan relatif. Poin terpenting dalam memenangkan
persaingan adalah bahwa kualitas harus dilihat dari sudut pandang
pelanggan bukan Perusahaan. Oleh sebab itu, kualitas harus diukur
perspeltif pelanggan (Payne, 2000;Zhang, 2000).
Kualitas produk dicapai melalui inovasi yang berkelanjutan. Untuk
terjadinya inovasi yang berkelanjutan dibutuhkan komitmen
manajemen yang tinggi pada kualitas, termasuk pengawasan tinggi pada
kualitas produk sehingga terjadi zero defect atau kesalahan mendekati
nol. Kualitas produk dilihat pelanggan dari daya tahan produk, desain
produk, dan manfaat atau fungsi dari produk itu sendiri sehingga jika
Perusahaan mengukur kualitas produk yang diproduksi selain dilihat
secara teknis, juga dapat dilihat dari bagaimana sikap pelanggan atas
kualitas produk itu sendiri. Semakin positif respon konsumen maka
semakin baik kualitas.
Kualitas produk merupakan kesesuaian produk dengan
spesifikasi atau standar yang ditetapkan pelanggan, dalam hal ini adalah
harapan pelanggan. Semakin tinggi kesesuaian dengan spesifikasi maka
berarti semakin tinggi kualitas produk atau jasa tersebut, kepauasan
pelanggan akan semakin tinggi pula. Kepuasan pelanggan yang tinggi
akan berampak retensi pelanggan yang pada akhirnya akan
meningkatkan kinerja Perusahaan. Kualitas merupakan faktor penting
yang menentukan kinerja Perusahaan (Philips et al, 1983). Kualitas
yang tinggi menunjukkan bahwa produk sesuai yang diinginkan
pelanggan. Jika produk sesuai dengan keinginan pelanggan, volume
penjualan akan meningkat

No comments:

Post a Comment