Monday, June 24, 2024

Citra Merek (Brand Image)

 


Menurut Kotler dan Armstrong (2008:275) merek adalah nama,
istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasinya yang dimaksudkan
untuk mengidentifikasi produk dari salah satu penjual atau kelompok penjual,
dan mendiferensiasikannya dari produk pesaing.
Menurut Keller, 2013 (dalam Riyadi 2016:33) citra merek adalah
persepsi dan keyakinan yang dimiliki oleh konsumen, seperti tercermin dalam
asosiasi yang terjadi dalam memori konsumen.
Menurut Aaker dan Biel, 1993 (dalam Hestanto, 2018) citra merek
adalah penilaian konsumen terhadap merek tersebut dalam sebuah pasar.
Penilaian tersebut dapat tercipta berdasarkan pengalaman pribadi maupun
mendengar reputasinya dari orang lain atau media.
Menurut Setiadi, 2003 (dalam Nashiruddin 2015:22) citra merek
mengacu pada skema memori akan sebuah merek, yang berisikan interpretasi
konsumen atas atribut, kelebihan, penggunaan, situasi, para pengguna, dan
karakteristik pemasar atau pembuat merek tersebut. Jadi citra merek adalah
apa yang konsumen pikirkan atau rasakan saat mendengar atau melihat nama
suatu merek

No comments:

Post a Comment