Dimensi Brand Attachment menurut Thomson, MacInnis & C. Whan
(2005) adalah sebagai berikut:
- Affection (Perasaan hangat terhadap Merk)
1) Affectionate (Mengharukan) Sejauhmana tingkat keharuan/kehangatan
yang dirasakan pelanggan terhadap komunikasi pemasaran perusahaan
dalam media Iklan, Car Branding, dan lain-lain.
2) Friendly (Keramah tamahan) Pelanggan merasakan sejauhmana tingkat
keramahan dan persahabatan dalam interaksi dengan personil jasa
Jamkrida Jabar perusahaan ini.
3) Loved (Dicintai) Sejauhmana tingkat kecintaan dan kedalaman kesan yang
dirasakan pelanggan terhadap memori/pengalaman selama menggunakan
layanan perusahaan Jamkrida Jabar.
4) Peaceful (Tentram dan Damai) Pelanggan merasakan tentram dan damai
berada disekitar/bersama karyawan perusahaan dan disekitar/bersama
pelanggan lain; seperti layaknya berkumpul bersama keluarga. - Connection (perasaan ikut terlibat/terikat pada Merk)
1) Attached (melekatkan) Sejauhmana tingkat kesesuaian/kesamaan yang
dirasakan pelanggan antara konsep diri dengan pesan dalam komunikasi
pemasaran atau dengan kepribadian personil jasa pada perusahaan.
2) Bonded (mengikat) Pelanggan akan ikut merasa menyesal dan sedih
kepada orang lain atau pelanggan lain, jika perusahaan sampai
memberhentikan/menstop operasional jasanya.
3) Connected (mempunyai koneksi/hubungan) Pelanggan akan merasakan
hatinya terluka jika ada orang lain yang mengejek layanan perusahaan
Jamkrida Jabar, dan sebaliknya merasa hatinya tersanjung jika ada orang
lain yang memuji-muji layanan perusahaan. - Passion (kecenderungan perasaan positif pada Merk)
1) Passionate (penuh gairah) Sejauhmana tingkat antusiasme yang dirasakan
pelanggan, manakala spirit komunikasi pemasaran perusahaan Jamkrida
Jabar ini dibandingkan dengan spirit pribadi pelanggan.
2) Delighted (menggembirakan, menyenangkan) Sejauhmana tingkat
kesenangan yang dirasakan pelanggan, mana kala kontak personil jasa dari
perusahaan dibandingkan dengan harapan yang ia miliki.
3) Captivated (memikat dan menawan hati) Sejauhmana tingkat keterpikatan
perasaan pelanggan manakala komunikasi pemasaran perusahaan dinilai
dari sudut pandang komunitas/lingkungan pelanggan. Dengan
menggunakan layanan Jamkrida Jabar perusahaan memberi dampak
peningkatan cara pandang lingkungan/komunitas terhadap diri pelanggan
No comments:
Post a Comment