Monday, June 24, 2024

Dimensi Brand Attachement

 


Dimensi Brand Attachment menurut Thomson, MacInnis & C. Whan
(2005) adalah sebagai berikut:

  1. Affection (Perasaan hangat terhadap Merk)
    1) Affectionate (Mengharukan) Sejauhmana tingkat keharuan/kehangatan
    yang dirasakan pelanggan terhadap komunikasi pemasaran perusahaan
    dalam media Iklan, Car Branding, dan lain-lain.
    2) Friendly (Keramah tamahan) Pelanggan merasakan sejauhmana tingkat
    keramahan dan persahabatan dalam interaksi dengan personil jasa
    Jamkrida Jabar perusahaan ini.
    3) Loved (Dicintai) Sejauhmana tingkat kecintaan dan kedalaman kesan yang
    dirasakan pelanggan terhadap memori/pengalaman selama menggunakan
    layanan perusahaan Jamkrida Jabar.
    4) Peaceful (Tentram dan Damai) Pelanggan merasakan tentram dan damai
    berada disekitar/bersama karyawan perusahaan dan disekitar/bersama
    pelanggan lain; seperti layaknya berkumpul bersama keluarga.
  2. Connection (perasaan ikut terlibat/terikat pada Merk)
    1) Attached (melekatkan) Sejauhmana tingkat kesesuaian/kesamaan yang
    dirasakan pelanggan antara konsep diri dengan pesan dalam komunikasi
    pemasaran atau dengan kepribadian personil jasa pada perusahaan.
    2) Bonded (mengikat) Pelanggan akan ikut merasa menyesal dan sedih
    kepada orang lain atau pelanggan lain, jika perusahaan sampai
    memberhentikan/menstop operasional jasanya.
    3) Connected (mempunyai koneksi/hubungan) Pelanggan akan merasakan
    hatinya terluka jika ada orang lain yang mengejek layanan perusahaan
    Jamkrida Jabar, dan sebaliknya merasa hatinya tersanjung jika ada orang
    lain yang memuji-muji layanan perusahaan.
  3. Passion (kecenderungan perasaan positif pada Merk)
    1) Passionate (penuh gairah) Sejauhmana tingkat antusiasme yang dirasakan
    pelanggan, manakala spirit komunikasi pemasaran perusahaan Jamkrida
    Jabar ini dibandingkan dengan spirit pribadi pelanggan.
    2) Delighted (menggembirakan, menyenangkan) Sejauhmana tingkat
    kesenangan yang dirasakan pelanggan, mana kala kontak personil jasa dari
    perusahaan dibandingkan dengan harapan yang ia miliki.
    3) Captivated (memikat dan menawan hati) Sejauhmana tingkat keterpikatan
    perasaan pelanggan manakala komunikasi pemasaran perusahaan dinilai
    dari sudut pandang komunitas/lingkungan pelanggan. Dengan
    menggunakan layanan Jamkrida Jabar perusahaan memberi dampak
    peningkatan cara pandang lingkungan/komunitas terhadap diri pelanggan

No comments:

Post a Comment