Monday, June 24, 2024

Dimensi Citra Merk

 


Menurut Wijaya (2013:62) citra merek dibentuk dari dimensi-dimensi
berikut ini :
1) Brand Identity (Identitas Merek)
Brand identity merupakan identitas fisik terkait dengan merek
atau produk tersebut sehingga pelanggan bisa dengan mudah
mengidentifikasi dan membedakannya dengan merek atau produk
lain, seperti logo, warna, kemasan, lokasi, identitas perusahaan,
slogan, dan lain-lain.
2) Brand Personality (Personalitas Merek)
Brand personality adalah karakter khas sebuah merek yang
membentuk kepribadian tertentu seperti layaknya kepribadian pada
manusia sehingga pelanggan dapat dengan mudah membedakannya
dengan merek lain dalam kategori yang sama, misalnya karakter
tegas, kaku, berwibawa, atau murah senyum, hangat, penyayang,
berjiwa sosial, atau dinamis, kreatif, independen, dan sebagainya.
3) Brand Association (Asosiasi Merek)
Brand Association adalah hal-hal spesifik yang selalu
dikaitkan dengan suatu merek. Asosiasi merek bisa muncul dari
penawaran unik suatu produk, aktivitas yang berulang dan konsisten,
isu-isu yang sangat kuat berkaitan dengan merek tersebut, ataupun
orang, simbol-simbol dan makna tertentu yang sangat kuat melekat
pada suatu merek.
4) Brand Attitude and Behavior (Sikap dan Perilaku Merek)
Brand attitude and behavior adalah sikap atau perilaku
komunikasi dan interaksi merek dengan pelanggan dalam
menawarkan manfaat dan nilai yang dimilikinya. Attitude and
behavior mencakup sikap dan perilaku pelanggan, aktivitas dan
atribut yang melekat pada merek saat berhubungan dengan pelanggan,
termasuk perilaku karyawan dan pemilik merek.
5) Brand Benefit and Competence (Manfaat dan Keunggulan Merek)
Brand benefit and competence merupakan nilai-nilai dan
keunggulan khas yang ditawarkan oleh suatu merek kepada
pelanggan yang membuat pelanggan bisa merasakan manfaatnya
karena kebutuhan, keinginan, mimpi, dan obsesinya terwujudkan oleh
apa yang ditawarkan merek tersebut. Nilai dan benefit di sini dapat
bersifat functional, emotional, symbolic maupun social.

No comments:

Post a Comment