Menurut Goyette et al., (2012:52), mengatakan bahwa terdapat dimensi-
dimensi yang dapat digunakan untuk mengukur electronic word of mouth yaitu:
- Intensity (intensitas)
Intensitas dalam electronic word of mouth (e-WOM) adalah banyaknya
pendapat atau komentar yang ditulis oleh konsumen dalam sebuah media
sosial. Goyette et al., (2010:11) membagi indikator dari intensitas sebagai
berikut:
a. Frekuensi mengakses informasi dari media sosial.
b. Frekuensi interaksi dengan pengguna media sosial.
c. Banyaknya ulasan yang ditulis oleh pengguna media sosial. - Valence of Opinion
Pendapat konsumen baik positif atau negatif mengenai produk atau jasa dan
brand. Indikator dalam valence of opinion meliputi:
a. Komentar positif dari pengguna media sosial.
b. Rekomendasi dari pengguna situs jejaring sosial. - Content
Adalah isi informasi dari situs jejaring sosial berkaitan dengan produk dan
jasa. Indikator dalam content meliputi:
a. Informasi tentang variasi produk
b. Informasi tentang kualitas, kandungan zat yang ada pada produk
c. Informasi mengenai harga yang ditawarkan
d. Informasi mengenai keamanan transaksi dan situs jejaring internet yang
disediakan
No comments:
Post a Comment