Monday, June 24, 2024

Dimensi Eletronic Word of Mouth

 


Menurut Goyette et al., (2012:52), mengatakan bahwa terdapat dimensi-
dimensi yang dapat digunakan untuk mengukur electronic word of mouth yaitu:

  1. Intensity (intensitas)
    Intensitas dalam electronic word of mouth (e-WOM) adalah banyaknya
    pendapat atau komentar yang ditulis oleh konsumen dalam sebuah media
    sosial. Goyette et al., (2010:11) membagi indikator dari intensitas sebagai
    berikut:
    a. Frekuensi mengakses informasi dari media sosial.
    b. Frekuensi interaksi dengan pengguna media sosial.
    c. Banyaknya ulasan yang ditulis oleh pengguna media sosial.
  2. Valence of Opinion
    Pendapat konsumen baik positif atau negatif mengenai produk atau jasa dan
    brand. Indikator dalam valence of opinion meliputi:
    a. Komentar positif dari pengguna media sosial.
    b. Rekomendasi dari pengguna situs jejaring sosial.
  3. Content
    Adalah isi informasi dari situs jejaring sosial berkaitan dengan produk dan
    jasa. Indikator dalam content meliputi:
    a. Informasi tentang variasi produk
    b. Informasi tentang kualitas, kandungan zat yang ada pada produk
    c. Informasi mengenai harga yang ditawarkan
    d. Informasi mengenai keamanan transaksi dan situs jejaring internet yang
    disediakan

No comments:

Post a Comment