Monday, June 24, 2024

Dimensi Loyalitas Pelanggan

 


Loyalitas pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan
dalam menjaga keberlangsungan usahanya. Pelanggan yang setia adalah mereka
yang sangat puas dengan produk dan pelayanan tertentu, sehingga mempunyai
antusiasme untuk memperkenalan kepada siapapun yang mereka kenal. Sikap
loyal pelanggan merupakan tujuan akhir dari setiap perusahaan dalam membina
hubungan dengan para pelanggannya. Dimensi loyalitas menurut Griffin
(2013:12) terdapat 4 (empat) faktor yang mengarah pada bentuk loyalitas atau
kesetiaan seorang pelanggan terhadap perusahaan. Adapun empat faktor atau
dimensi tersebut yaitu:

  1. Pembelian ulang (repeat buyer) Pelanggan membeli kembali produk yang
    sama yang ditawarkan oleh perusahaan atau bisa diartikan pelanggan
    membeli ulang produk yang sebelumnya dibeli.
  2. Pembelian antar lini produk dan layanan lain (purchasses across product
    and service lines) Pelanggan melakukan pembelian antar lini produk atau
    jasa yang ditawarkan perusahaan.
  3. Merekomendasikan kepada yang lain (referes other) Pelanggan melakukan
    komunikasi dari mulut ke mulut berkenaan dengan produk tersebut kepada
    orang lain atau lingkungan sekitarnya. Biasanya hal ini perusahaan sering
    melakukan promosi yang bisa membuat pelanggan menjadi senang dan
    percaya.
  4. Menunjukan kekebalan terhadap produk pesaing (demonstrates immunity
    to the full of competitions) Pelanggan bertahan atau setia pada perusahaan,
    pelanggan tidak akan tertarik terhadap penawaran produk atau jasa sejenis
    yang ditawarkan dan dihasilkan oleh pesaing.

No comments:

Post a Comment