Monday, June 24, 2024

Faktor Terbentuknya Brand Image

 


Menurut Keller (dalam Marheni dan Tutut 2014:195), faktor-faktor
pendukung terbentuknya brand image dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Keunggulan asosiasi merek (favor-ability of brand association)
    Hal ini dapat membuat konsumen percaya bahwa atribut dan manfaat yang
    diberikan oleh suatu brand dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan
    tersebut.
  2. Kekuatan asosiasi merek (strength of brand association)
    Hal ini bergantung pada bagaimana informasi masuk dalam ingatan
    konsumen dan bagaimana informasi tersebut dikelola oleh data sensoris di
    otak sebagai bagian dari brand image. Ketika konsumen secara aktif
    memikirkan dan menguraikan arti informasi pada suatu produk atau jasa,
    akan tercipta asosiasi yang semakin kuat pada ingatan konsumen.
  3. Keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand association)
    Sebuah brand haruslah unik dan menarik sehingga produk tersebut
    memiliki ciri khas dan sulit untuk diritu para pesaing. Keunikan suatu
    produk akan memberikan kesan yang cukup membekas terhadap ingatan
    pelanggan akan keunikan brand. Sebuah brand yang memiliki ciri khas
    haruslah dapat melahirkan keinginan pelanggan untuk mengetahui lebih
    jauh dimensi brand yang dimilikinya

No comments:

Post a Comment