Untuk memperoleh hasil secara maksimal, para manajer harus mampu
menguasai atau mengaplikasikan seluruh fungsi manajemn yang ada agar tujuan
perusahaan dapat tercapai dengan maksimal. Fungsi manajemen sering kali
diartikan sebagai tugas-tugas manajer. Beberapa klasifikasi fungsi-fungsi manajer
menurut Terry yang diterjemahkan oleh Hasibuan (2013:21) dalam bukunya
adalah sebagai berikut:
- Perencanaan (Planning)
Merupakan fungsi manajemen yang fundamental, karena fungsi ini dijadikan
sebagai landasan atau dasar bagi fungsi-fungsi manajemen lainnya.
Perencanaan meliputi ttindakan pendahuluan mengenai apa yang harus
dikerjakan dan bagaimana hal tersebut akan dikerjakan agar tujuan yang
dikehendaki tercapai secara efektif dan efisien. Pihak manajer mengevaluasi
berbagai rencana yang terpilih apakah sesuai dan bisa dipergunakan untuk
mencapai tujuan perusahaan. - Pengorganisasian (Organizing)
Merupakan proses penyusunan kelompok yang terdiri dari beberapa aktiivitas
dan personalitas menjadi suatu kesatuan yang harmonis guna ditunjukan
kearah pencapaian tujuan. - Menggerakan (Actuating)
Merupakan suatu tindakan menggerakan semua anggota kelompok agar
mereka mau berusaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. - Pengawasan (Controlling)
Merupakan ilmu yang berperan dalam aktivitas koordinasi dan pengawasan
untuk menyelesaikan pekerjaan dan dilakukan untuk mencapai tujuan.
Sedangkan fungsi-fungsi manajemen menurut James A. F Stoner (2012)
dalam buku “Manajemen” dan Jilid 1 terbitan Bahasa Indonesia, terdiri dari: - Perencanaan (Planning)
Menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum
melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasar suatu cara, rencana,
atau logika, bukan asal tebak saja. - Pengorganisasian (Organization)
Berarti para manajer ini mengkoordinasi sumber daya manusia dan sumber
daya bahan yang dimiliki organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi
tergantung pada kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada
dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, dengan semakin terpadu dan semakin
terarahnya pekerjaan akan meningkatkan efektifitas organisasi. Mendapatkan
koordinasi yang sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer. - Memimpin (To Lead)
Menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi
bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu,
dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja
sebaik mungkin. - Pengendalian (Controlling)
Berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak
dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang
salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian
mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.
No comments:
Post a Comment