Monday, June 24, 2024

Fungsi-Fungsi Manajemen

 


Untuk memperoleh hasil secara maksimal, para manajer harus mampu
menguasai atau mengaplikasikan seluruh fungsi manajemn yang ada agar tujuan
perusahaan dapat tercapai dengan maksimal. Fungsi manajemen sering kali
diartikan sebagai tugas-tugas manajer. Beberapa klasifikasi fungsi-fungsi manajer
menurut Terry yang diterjemahkan oleh Hasibuan (2013:21) dalam bukunya
adalah sebagai berikut:

  1. Perencanaan (Planning)
    Merupakan fungsi manajemen yang fundamental, karena fungsi ini dijadikan
    sebagai landasan atau dasar bagi fungsi-fungsi manajemen lainnya.
    Perencanaan meliputi ttindakan pendahuluan mengenai apa yang harus
    dikerjakan dan bagaimana hal tersebut akan dikerjakan agar tujuan yang
    dikehendaki tercapai secara efektif dan efisien. Pihak manajer mengevaluasi
    berbagai rencana yang terpilih apakah sesuai dan bisa dipergunakan untuk
    mencapai tujuan perusahaan.
  2. Pengorganisasian (Organizing)
    Merupakan proses penyusunan kelompok yang terdiri dari beberapa aktiivitas
    dan personalitas menjadi suatu kesatuan yang harmonis guna ditunjukan
    kearah pencapaian tujuan.
  3. Menggerakan (Actuating)
    Merupakan suatu tindakan menggerakan semua anggota kelompok agar
    mereka mau berusaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.
  4. Pengawasan (Controlling)
    Merupakan ilmu yang berperan dalam aktivitas koordinasi dan pengawasan
    untuk menyelesaikan pekerjaan dan dilakukan untuk mencapai tujuan.
    Sedangkan fungsi-fungsi manajemen menurut James A. F Stoner (2012)
    dalam buku “Manajemen” dan Jilid 1 terbitan Bahasa Indonesia, terdiri dari:
  5. Perencanaan (Planning)
    Menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum
    melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasar suatu cara, rencana,
    atau logika, bukan asal tebak saja.
  6. Pengorganisasian (Organization)
    Berarti para manajer ini mengkoordinasi sumber daya manusia dan sumber
    daya bahan yang dimiliki organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi
    tergantung pada kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada
    dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, dengan semakin terpadu dan semakin
    terarahnya pekerjaan akan meningkatkan efektifitas organisasi. Mendapatkan
    koordinasi yang sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer.
  7. Memimpin (To Lead)
    Menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi
    bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu,
    dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja
    sebaik mungkin.
  8. Pengendalian (Controlling)
    Berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak
    dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang
    salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian
    mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.

No comments:

Post a Comment