Monday, June 24, 2024

Hubungan Brand Image Dan Keputusan Pembelian

 


Dalam dunia pemasaran sekarang ini hubungan antara perusahaan dan
pelanggannya adalah hal yang mutlak diperlakukan. Perusahaan harus mempunyai
hubungan yang erat dengan para pelanggannya, sehingga dapat terjalin
kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Citra merek mempunyai posisi yang
penting dalam keputusan pembelian karena salah satu keputusan dalam struktur
pembelian adalah keputusan mengenai merek. Salah satu yang mengakibatkan
konsumen menentukan salah satu merek yang akan mereka beli di antara banyak
merek adalah adanya keyakinan konsumen bahwa mereka akan memperolah
kualitas barang yang sama jika mereka membeli ulang pada merek yang sama
yang telah mereka beli. Konsumen akan lebih mudah dan tidak dibingungkan lagi
oleh berbagai macam merek yang ada karena citra merek yang telah melekat
dibenak mereka (Stanton, 1984:270).
Pendapat lain mengenai hubungan brand image dan keputusan pembelian
dikemukakan oleh Boyd dan Larreche (2000:127), bahwa konsumen
mengevaluasi setiap merek dalam kumpulan yang dikenali ke dalam sejumlah
dimensi atau atribut produk, sehingga merek yang memiliki citra yang baik akan
menjadi pilihan utama konsumen. Konsumen lebih berminat membeli produk
yang citranya lebih dikenal, daripada produk-produk baru yang belum dikenal.

No comments:

Post a Comment