Monday, June 24, 2024

Hubungan Electronic Word of Mouth dan Brand Image

 


Pada era perkembangan internet dan media sosial yang sangat pesat maka
segala sesuatu dapat di cari di internet, termasuk dalam hal ini adalah kosmetik.
Brand image akan dipengaruhi oleh Electronic Word of Mouth dari pengguna
internet dan media sosial mengenai produk kosmetik tersebut termasuk produk
cream matte Emina. Informasi mengenai produk Emina banyak terdapat di
internet yang mudah di akses oleh pengguna internet, informasi dan review ini
terdapat di web, blog, dan media sosial seperti youtube, Instagram dan facebook.
Informasi mengenai produk cream matte emina menjadi dasar pengetahuan untuk
membandingkan dengan produk lain. Informasi yang didapatkan eWOM melalui
berbagai media sosial dan internet tersebut, akan semakin mengendap dalam
ingatan konsumen dan akan membentuk citra atau image mengenai produk cream
matte Emina.
Salah satu penelitian yang mendukung penelitian ini adalah penelitian
yang dilakukan oleh Reza Haikal, et al (2018) eWOM berpengaruh positif
signifikan terhadap brand image, artinya semakin sering eWOM yang dilakukan
melalui informasi dan review suatu produk di internet maupun media sosial maka
akan membentuk dan mempengaruhi citra atau image mengenai produk tersebut
karena sudah mengendap dalam ingatan konsumen. Serta penelitian yang
dilakukan oleh Jalilvand & Samiei (2012) menemukan bahwa eWOM merupakan
salah satu faktor yang paling efektif mempengaruhi Brand Image

No comments:

Post a Comment