Thursday, June 20, 2024

Minat Beli

 


Minat beli didefinisikan sebagai kemungkinan seseorang untuk berniat
membeli suatu produk setelah konsumen merasa tertarik, membutuhkan dan ingin
memiliki suatu produk tertentu yang dilihatnya. Minat beli ini berasal dari
keinginan dan kebutuhan konsumen untuk memakai atau memiliki produk atau
jasa yang telah ditawarkan oleh perusahaan (Puspitasari & Soenhadji, 2010).
Minat beli merupakan tahapan kecenderungan konsumen untuk bertindak
sebelum keputusan membeli dilakukan. Minat beli dapat dikerucutkan arti
menjadi niat untuk melakukan pembelian pada suatu barang atau jasa yang telah
diinginkan atau menjadi kebutuhan bagi konsumen (Suradi dkk, 2012).
Minat beli konsumen dapat diartikan sebagai kegiatan individu yang
secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa
termasuk didalamnya proses pengambilan suatu produk. Artinya minat beli
merupakan tindakan dan hubungan sosial yang dilakukan oleh konsumen
perorangan atau kelompok ataupun suatu organisasi untuk menilai, memperoleh
dan menggunakan barang atau jasa melalui proses pertukaran atau pembelian
yang diawali dari proses pengambilan keputusan yang menentukan tindakan-
tindakan tersebut (Suradi dkk, 2012).
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat membeli berhubungan dengan
perasaan dan emosi, bila seseorang merasa senang dan puas dalam membeli
barang atau jasa maka akan memperkuat minat beli konsumen. Selain perasaan
dan emosi, faktor lain yang mempengaruhi minat konsumen adalah keinginan
untuk membeli, minat beli yang didasarkan pada pengalaman dalam memilih dan
membeli serta menggunakan suatu produk (Kotler & Keller, 2009:181).
Senada dengan Suradi dkk (2012), menjelaskan bahwa minat beli
dipengaruhi oleh emosi seseorang yang ingin dan membutuhkan barang atau jasa
yang dapat didasarkan pada pengalaman pribadi yang datang dari dalam atau luar,
misalnya pengalaman orang lain yang sudah memakai produk tersebut.
Pendapat lain dijelaskan oleh Ujianto & Abdurachman (2004),
mengemukakan bahwa minat beli konsumen dipengaruhi oleh budaya (culture),
sosial (social), pribadi (personal) dan psikologi (psychology). Faktor tersebut
merupakan faktor pendorong minat konsumen untuk melakukan proses
pengambambilan keputusan dalam memutuskan membeli atau tidaknya suatu
barang atau jasa. Simamora (2002:94), menjelaskan bahwa minat beli dipengaruhi
oleh keinginan seseorang untuk melakukan pembelian, pemilihan produk yang
tepat dengan kebutuhan, pengalaman dalam menggunakan produk, keinginan
untuk memiliki produk

No comments:

Post a Comment