Monday, June 24, 2024

Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Attachment

 


Persepsi positif terhadap suatu produk atau jasa akan merangsang
kenangan positif sehingga menimbulkan keterikatan emosional tentang produk
atau jasa tersebut. Zhang (2010) menyebutkan “Ketika terjadi pertukaran
informasi melalui eWOM, konsumen akan melakukan evaluasi terhadap produk.
Selain itu, eWOM positif juga dapat mempersuasi pelanggan potensial dan
mempengaruhi persepsi konsumen terhadap suatu review produk ataupun produk
yang direkomendasikan pelanggan lain”. Keterikatan komitmen konsumen
terhadap suatu merek bisa digunakan untuk memprediksi komitmen konsumen
terhadap merek dan kerelaan konsumen untuk melakukan pengorbananan
keuangan untuk mendapatkan merek tersebut.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fitayani Intan Pradani pada tahun
2018, menyatakan hasil penelitian bahwa Electronic Word of Mouth (E-WOM) di
instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Brand
Attachment. Hasil analisis multiple regression menunjukkan bahwa dari kelima
dimensi E-WOM di instagram terdapat dua dimensi yang memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap Brand Attachment, yaitu dimensi Expressing
Positive Feelings dan Helping the Company. 

No comments:

Post a Comment