Monday, June 24, 2024

Pengertian Bauran Promosi

 


Bauran promosi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk
mengkomunikasikan produknya kepada konsumen. Dalam mengkomunikasikan
produknya ke konsumen, perusahaan dapat melakukannya melalui beberapa alat
promosi yang dikenal dengan bauran promosi. Menurut Kotler dan Keller
(2016:582) pengertian masing-masing alat promosi sebagai berikut:

  1. Advertising (Periklanan), yaitu semua bentuk terbayar dari presentasi non
    personal dan prmosi ide, barang atau jasa melalui sponsor yang jelas. Bentuk
    yang paling dikenal oleh masyarakat adalah melalui media elektronik dan
    media cetak.
  2. Sales promotion (Promosi Penjualan), yaitu berbagai insentif jangka pendek
    untuk mendorong percobaan pembelian produk atau jasa. Bentuknya seperti
    undian, hadiah, sampel dan lain-lain.
  3. Event and Experiencess (Acara dan Pengalaman), yaitu kegiatan dan program
    yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi
    harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu. Bentuknya
    seperti festival seni, hiburan, acara amal, dan lain-lain.
  4. Public and publicity (Hubungan masyarakat dan Publisitas), yaitu beragam
    program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra
    perusahaan atau produk individunya. Bentuknya seperti donasi, amal, pidato,
    seminar, dan lain-lain.
  5. Direct marketing and database (Pemasaran langsung), yaitu penggunaan
    surat, telepon, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung
    dengan atau meminta respon dari pelanggan dan prospek tertentu.
  6. Online and social media marketing (Pemasaran Online dan media sosial),
    yaitu aktivitas online dan program yang dirancang untuk melibatkan
    pelanggan atau prospek dan secara langsung meningkatkan kesadaran,
    memperbaiki citra, atau memperoleh penjualan produk dan layanan.
  7. Mobile marketing (Pemasaran mobile), yaitu bentuk khusus pemasaran online
    yang menempatkan komunikasi pada konsumen ponsel, dan smartphone.
  8. Personal selling (Penjualan personal), yaitu interaksi tatap muka dengan satu
    atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab
    pertanyaan atau pengadaan pesan. Bentuknya seperti penjualan, rapat
    penjualan, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment