Thursday, June 20, 2024

Pengertian Iklan

 


Iklan secara sederhana didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu
produk untuk ditunjukkan kepada masyarakat lewat suatu media. Iklan hanyalah bagian
dari bauran promosi (promotion mix), yang masih terdapat tiga unsur lainnya, yaitu
Personal Selling, Sales Promotion, Publicity (Triadi & Bharata, 2010:3). Iklan
merupakan berita atau informasi yang bertujuan mendorong serta membujuk
masyarakat untuk mengenal, mencoba, dan menyukai barang atau jasa yang di
tawarkan. Iklan merupakan sebuah media yang dibuat oleh para pekerja iklan
berdasarkan pesanan dari pihak produsen barang atau jasa (Alkatiri, 2005).
Ibrahim (2007:127) menyatakan iklan adalah sebuah istilah yang berasal dari
bahasa Arab „i‟lan, yang mengandung arti “penyiaran,” “pemberitahuan,” atau
“pengumuman.” Sedangkan dalam bahasa Indonesia, iklan adalah sebuah informasi
atau berita yang disampaikan oleh seseorang, sekelompok orang, badan, atau suatu
instansi kepada masyarakat agar masyarakat dapat memanfaatkannya atau membeli
sesuatu yang ditawarkan oleh iklan tersebut.

No comments:

Post a Comment