Monday, June 24, 2024

Pengertian Manajemen Pemasaran

 


Manajemen pemasaran adalah kegiatan menganalisis yang digunakan
untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh
seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa ancaman yang harus
dihadapi. Mengingat dengan adanya manajemen pemasaran kegiatan pemasaran
perusahaan dapat menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga akhirnya dapat
berdampak membantu menghemat finansial perusahaan. Manajemen pemasaran
harus mampu menggerakan konsumen serta mengidentifikasi pasar sasaran
perusahaan. Berikut ini adalah beberapa definisi mengenai manajemen pemasaran
yang dijelaskan beberapa ahli, diantaranya sebagai berikut:
Menurut Sunyoto (2015) manajemen pemasaran adalah fungsi bisnis yang
mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen yang harus dipuaskan oleh
kegiatan manusia lain yang menghasilkan alat pemuas kebutuhan, yang berupa
barang maupun jasa.
Pengertian manajemen pemasaran menurut Kotler dan Keller (2016:27)
manajemen pemasaran adalah Marketing management as the art and science of
choosing target markets and getting, keeping, and growing customers throught
creating, delivering and communicating superior customer value dimana yang
artinya manajemen pemasaran adalah sebagai seni dan ilmu untuk memilih pasar
sasaran serta mendapatkan, mempertahankan dan menambah jumlah pelanggan
melalui penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai pelanggan yang
unggul.
Definisi lain juga dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong (2018:34)
bahwa: “Marketing management as the art and science of choosing target
markets and building profitable relationships with them”. Definisi ini memiliki
makna yang hampir sama dengan definisi manajemen pemasaran sebelumnya
yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller. Namun, pada definisi manajemen
pemasaran yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong lebih menekankan pada
membangun hubungan yang mampu memberikan keuntungan dengan sasaran
pasar.
Pengertian manajemen pemasaran selanjutnya menurut The American
Association of Marketing yaitu “Marketing management as the process of
planning and executing the concepting, pricing, promotion and distribution of
ideas, goods and service in order create, exchange and satisfy individual and
organizational objectives.”

No comments:

Post a Comment