Monday, June 24, 2024

Pengertian Pemasaran

 Pemasaran mempunyai peran sangat penting untuk menciptakan produk,

aktivitas pemasaran dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah
ditetapkan dengan hasil yang sesuai harapan untuk menciptakan perusahaan yang
berkembang agar mampu memenangkan persaingan ditengah perkembangan
bisnis yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan pemasaran merupakan salah satu
kegiatan pemasaran yang berhubungan secara langsung dengan konsumen.
Berikut beberapa definisi pemasaran yang dijelaskan oleh beberapa ahli mengenai
pengertian pemasaran yang diantaranya sebagai berikut:
Fandy Tjiptono (2014:5), mendefinisikaan pemasaran adalah serangkaian
aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk menstimulasi permintaan atas produk
dan jasanya dan memastikan bahwa produk yang dijual dan disampaikan kepada
para pelanggan.
AMA (American Marketing Association) yang di kutip oleh Kotler dan
Keller (2016:27) menjelaskan bahwa “Marketing is the activity, set of institutions,
and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings
that have value for customers, client, partners, and society large” yang artinya
bahwa pemasaran merupakan suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses
untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada
pelanggan, klien, rekan dan cakupan social yang lebih luas dan untuk mengelola
hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi.
Menurut Kotler dan Keller (2016:29) menyatakan bahwa pemasaran
adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan,
mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan untuk mengelola
hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pihak-
pihak yang berkepentingan terhadap organisasi

No comments:

Post a Comment