Monday, June 24, 2024

Pengertian Promosi (Promotion)

 


Kegiatan promosi dalam perusahaan merupakan bagian terpenting
disamping variabel lainnya yaitu produk, harga dan lokasi perusahaan. Suatu
produk tidak akan berguna selama produk tersebut tidak sampai ke tangan
konsumen yang membutuhkan dan tentunya konsumen tidak akan mengetahui
akan keberadaan produk jika tanpa adanya kegiatan promosi. Maka dari itu
promosi dapat diartikan sebagai komunikasi awal antara perusahaan dan
konsumen serta sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk kepada
konsumen agar mengetahui akan keberadaan produk perusahaan tersebut. Berikut
merupakan beberapa pengertian menurut para ahli.
Kotler dan Amstrong (2014:76) mendefinisikan pengertian promosi
sebagai berikut: “promotion refers to activities that communicate to merits of the
product and persuade target customers to buy it”. Definisi tersebut merupakan
kegiatan yang mengkomunikasikan manfaat dari sebuah produk dan membujuk
target konsumen untuk membeli produk tersebut.
Sementara pengertian promosi menurut Stanton yang dikutip oleh Buchari
Alma (2013:179) yang mendefinisikan pengertian promosi sebagai berikut,
“Promotion is an exercise in information, persuasion and conversely, a person
who is persuades is also being informed”. Definisi tersebut menyatakan bahwa
promosi adalah latihan dalam informasi, persuasi dan sebaliknya, oleh orang
membujuk menjadi informer.
Rambat Lupioyadi (2013:92) menyatakan bahwa promosi adalah kegiatan
yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produk dan
sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau
penggunaan jasa sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan menurut Agus Hermawan
(2013:627) menyatakan bahwa promosi adalah adalah salah satu komponen
prioritas dari kegiatan pemasaran yang memberitahukan kepada konsumen bahwa
perusahaan meluncurkan produk baru yang menarik konsumen untuk melakukan
kegiatan pembelian. Namun, menurut Simamora yang dikutip dalam Arman
(2015:627) menyatakan bahwa promosi adalah segala bentuk komunikasi yang
digunakan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan orang-orang
tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu maupun rumah tangga

No comments:

Post a Comment