Monday, June 24, 2024

Pola Loyalitas Merek

 


Peter dan Olson (dalam Annisa 2016:26) menyatakan bahwa loyalitas
merek terbagi menjadi lima kategori yang dikelompokkan berdasarkan pola
pembelian konsumen, yaitu :
1) Loyalitas Merek Tidak Terbagi (Undivided Brand Loyalty), yaitu
konsumen yang hanya akan memilih satu macam merek saja dan akan
membatalkan pembeliannya apabila merek tersebut tidak tersedia.
Konsumen pada kategori ini biasanya disebut sebagai konsumen
fanatik.
2) Loyalitas Merek Berpindah Sesekali (Brand Loyalty With an
Occasional Switch), yaitu konsumen yang sesekali berpidah ke merek
lain dengan suatu alasan tertentu.
3) Loyalitas Merek Berpindah (Brand Loyalty Switches), yaitu
konsumen yang sesekali memilih merek lain namun merek tersebut
masih dalam naungan perusahaan yang sama.
4) Loyalitas Merek Terbagi (Divided Brand Loyalty), yaitu loyalitas
yang pelanggannya membeli dan menggunakan dua atau lebih merek
yang berbeda sekaligus secara konsisten dalam memenuhi kebutuhan
sehari-harinya.
5) Pengabaian Merek (Brand Indiference), yaitu bentuk loyalitas yang
pelanggannya melakukan pembelian dengan mengabaikan merek.
Bagi konsumen dalam kategori ini, merek bukan menjadi prioritas
utama dalam membeli produk, namun lebih mementingkan atribut-
atribut lain yang dianggap lebih penting.

No comments:

Post a Comment