Monday, June 24, 2024

Proses Pembentukan Brand Image

 


Pembentukan brand image di khalayak, erat kaitannya dengan persepsi
yang ada dalam khalayak terhadap brand tersebut. Image adalah persepsi yang
relative lebih unggul dibanding pesaing. Inilah yang disebut posisi brand (brand
position). Proses pembentukan disebut positioning. Brand yang berhasil adalah
brand yang memiliki posisi kuat.
Agar posisi merek kuat, tentu harus dikenal dulu dengan menempatkan
merek dalam pikiran konsumen. Untuk itu merek harus bersaing untuk masuk
dalam memori konsumen. Kapasitas otak konsumen terbatas, padahal setiap hari
konsumen dibombardir oleh ribuan stimuli. Akibatnya tidak semua merek
tertampung. Secara alamiah, otak konsumen menggerakan panca indera untuk
menyeleksi merek untuk diperhatikan. (Nihayatul Mardiyah, 2010:23).
Pada langkah awal ini, keberadaan merek dalam pikiran terbatas pada
pengenalan merek (brand awareness). Pada tingkatan pengenalan paling rendah,
dimana hanya sekedar tahu keberadaan merek, konsumen belum dapat,
membentuk gambaran (persepsi) tentang merek. Proses asosiasi adalah suatu
bentuk pengorganisasian stimulus guna membentuk persepsi (Simamora,
2004:20). Persepsi inilah yang pada akhirnya akan membentuk suatu citra tertentu
terhadap suatu merek

No comments:

Post a Comment