Monday, June 24, 2024

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

 


Para pemasar harus melihat lebih jauh bermacam-macam faktor yang
mempengaruhi para konsumen dan mengembangkan pemahaman mengenai cara
konsumen melakukan keputusan pembelian. Secara khusus, para pemasar harus
mengidentifikasi bagaimana seseorang melakukan keputusan pembelian dan apa
saja langkah-langkah dalam memutuskan suatu pembelian.
Menurut Sumarwan (2003:294) keputusan membeli atau mengkonsumsi
suatu produk dengan merek tertentu akan diawali oleh langkah sebagai berikut :
a. Pengenalan Kebutuhan
Pengenalan kebutuhan muncul ketika konsumen menghadapi suatu
masalah, yaitu keadaan dimana terdapat perbedaan antara keadaan yang
diinginkan dan keadaan yang sebenarnya terjadi.
b. Pencarian Informasi
Pencarian informasi mulai dilakukan ketika konsumen memandang bahwa
kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan membeli dan mengkonsumsi
suatu produk. Konsumen akan mencari informasi yang tersimpan di dalam
ingatannya dan mencari informasi dari luar.
c. Evaluasi Alternatif
Evaluasi alternatif adalah proses mengevaluasi pilihan produk dan merek,
dan memilihnya sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Pada proses ini
konsumen membandingkan berbagai pilihan yang dapat memecahkan
masalah yang dihadapinya.
d. Konsumsi
Setelah konsumen membeli atau memperoleh produk dan jasa, biasanya
akan diikuti oleh proses konsumsi atau penggunaan produk. Istilah
konsumsi memiliki arti yang luas dan arti ini terkait dengan jenis atau
kategori produk dan jasa yang dibeli atau dipakai. 
e. Evaluasi Pasca Konsumsi
Di dalam suatu proses keputusan, konsumen tidak akan berhenti hanya
sampai proses konsumsi. Konsumen akan melakukan proses evaluasi
terhadap konsumsi yang telah dilakukannya. Hasil dari proses evaluasi
pasca konsumsi adalah konsumen puas atau tidak puas terhadap konsumsi
produk atau merek yang telah dilakukannya.

No comments:

Post a Comment