Banyak sekali pendapat tentang matematika, sehingga pengertian
matematika yang tepat tidak dapat ditentukan secara pasti.Matematika berasal dari
bahasa latin manthanein atau mathema yang berarti ‘belajar atau hal yang
dipelajari, sedang dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau ‘ilmu pasti’.
Sebab matematika berkaitan dengan istilah penalaran (reasoning) dan merupakan
ilmu yang membahas pola atau keteraturan.
Menurut Johnson dan Rising mengatakan bahwa matematika adalah pola
fikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logika. Jhonson dan Myklebust,
matematika adalah bahasa sombolis yang fungsi praktisnya untuk
mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan
fungsi teoritisnya adalah untuk mempermudahkan berfikir.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, matematika merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan berbagai struktur/pola abstrak dan hubungan antar struktur sehingga terorganisai dengan baik. Matematika juga merupakan studi tentang pola dan hubungan, cara berpikir dengan strategi organisai, analisis dan sintesis, seni, bahasa, dan alat untuk memecahkan masalah-masalah abstrak dan praktis.
Guru yang baik seharusnya menghubungan bidang studi dengan kehidupan nyata,kebiasaan siswa dalam belajar dan keterbukaan dalam proses pembelajaran.Sehingga bukan hanya sebatas memberi tugas-tugas saja kepada siswa.Tetapi harus praktis dengan tidak mengabaikan keharusan pemahaman konsep yang merupakan pola struktur matematika. Matematika seharusnya merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Tujuannya adalah agar pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa dan dapat memberikan bekal kompetensi yang memadai.
No comments:
Post a Comment