Saturday, April 25, 2020
Teori Sinyal (Signalling Theory) (skripsi dan tesis)
Brigham dan Houston (2011:185) menyatakan bahwa signal adalah suatu tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk memberi petunjuk pada investor tentang bagaimana manajemen memandang prospek perusahaan. Sinyal ini dapat berupa informasi mengenai apa yang sudah dilakukan oleh manajemen untuk merealisasikan keinginan para pemilik perusahaan. Informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan merupakan informasi yang penting karena berpengaruh terhadap keputusan investasi pihak diluar perusahaan. Sinyal informasi dibutuhkan oleh para investor untuk menentukan apakah investor tersebut akan menanamkan sahamnya pada perusahaan atau tidak. Sebelum dan sesudah melakukan sebuah investasi, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh investor. Teori ini berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi investor untuk mengembangkan sahamnya yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan dalam menentukan arah atau prospek perusahaan ke depan. Informasi pada dasarnya adalah unsur penting bagi investor dan pelaku bisnis karena informasi menyajikan keterangan, gambaran atau catatan keadaan masa lalu, saat ini maupun keadaan masa yang akan datang bagi kelangsungan hidup perusahaan. Informasi yang lengkap, relevan, akurat dan tepat waktu akan berguna bagi investor di pasar modal sebagai alat analisis untuk mengambil keputusan investasi. Informasi yang dipublikasikan sebagai suatu pengumuman memberikan sinyal bagi investor dalam pengambilan keputusan investasi. Teori sinyal menjelaskan apa alasan perusahaan menyajikan informasi untuk pasar modal. Teori sinyal dapat menunjukkan adanya asimetri informasi antara manajemen perusahaan dan pihak-pihak yang memiliki kepentingan pada informasi tersebut
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment