Friday, October 20, 2023

Dimensi Komitmen Organisasional

 


Menurut Allen dan Mayer (1991), komitmen organisasional memiliki 3
dimensi yaitu komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, dan komitmen normative.
Ketiga dimensi komitmen organisasional akan menghasilkan konsekuensi perilaku
yang sama yaitu karyawan akan terus mempertahankan keanggotaan organisasional,
meskipun faktor yang menyebabkan perilaku tersebut berbeda Lubic (1997, dalam
Behery et al, 2014).
1. Komitmen Afektif (affective commitment), berkaitan dengan hubungan
emosional karyawan terhadap perusahaan, identifikasi diri dengan 
organisasional, dan keterlibatan karyawan dalam perusahaan. Karyawan
berada di perusahaan karena keinginannya sendiri.
2. Komitmen Berkelanjutan (continuance commitment), berkaitan dengan
pertimbangan atau resiko yang akan diterima jika memilih untuk
meninggalkan atau bertahan didalam organisasional.
3. Komitmen Normatif (normative commitment), berkaitan dengan keinginan
karyawan untuk terus berada di perusahaan karena karyawan merasa memiliki
tanggungjawab moral terhadap perusahaan untuk tetap bertahan didalam
perusahaan.
Meyer dan Herscovitch (2001) menyebutkan bahwa komitmen memiliki 3 dimensi
berikut ini:
1. Kepercayaan dan penerimaan yang kuat terhadap tujuan dan nilai-nilai yang
dimiliki perusahaan
2. Keinginan untuk memberikan usaha lebih demi perusahaan
3. Keinginan kuat untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasional

No comments:

Post a Comment