Monday, October 16, 2023

Pengertian Motivasi Belajar

 


Menurut Sardiman (2011:75), motivasi dalam kegiatan belajar merupakan
keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan
kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar yang
memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh
subjek belajar itu dapat tercapai. Dikatakan “keseluruhan”, karena pada umumnya
ada beberapa motif yang bersama-sama menggerakan peserta didik untuk belajar.
Motivasi belajar adalah merupakan factor psikis yang bersifat non-intelektual.
Peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan
semangat untuk belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi kuat, akan
mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar.
Soesilo (2015:109) menganalogikan motivasi belajar seperti layaknya bahan
bakar untuk menggerakan sebuah mesin. Peserta didik akan terdorong untuk
berperilaku aktif dalam proses belajar apabila dipasok dengan motivasi yang
memadai. Namun disampaikan pula bahwa motivasi yang terlalu kuat justru dapat
menimbulkan pengaruh negatif terhadap keefektifan belajar peserta didik. Maka
dari itu kehadiran pendidik berperan penting dalam mengelola motivasi belajar
peserta didik.
Uno (2013:23) menambahkan bahwa motivasi dan belajar saling
memengaruhi satu sama lain. Menurutnya, motivasi belajar dapat tumbuh melalui
faktor internal maupun eksternal yang dapat mengubah tingkah laku peserta didik,
dengan diikuti beberapa indikator. Faktor internal dapat berupa hasrat dan dorongan
yang muncul dari dalam diri peserta didik untuk belajar dan mencapai cita-cita.
Sedangkan faktor eksternal dapat hadir melalui lingkungan luar seperti adanya
penghargaan, kondisi belajar yang kondusif, dan media pembelajaran yang
menarik.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar
merupakan mesin penggerak yang dapat mendorong peserta didik aktif dalam
melakukan kegiatan belajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan
baik. Motivasi belajar dapat timbul dari dalam diri peserta didik sendiri maupun
dari pengaruh lingkungan sekitar. Jadi, hadirnya motivasi belajar sangat
berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam menyerap materi
pembelajaran

No comments:

Post a Comment