Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Dalam dunia
perusahaan yang semakin ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan
hidup dan berkembang. Oleh karena itu seorang tenaga pemasar dituntut
memahami permasalahan pokok dibidang dan menyusun strategi agar
dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Pemasaran
atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.Pemasaran adalah
serangkaian aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk menstimulus
permintaan atas produk atau jasanya dan memastikan bahwa produk dijual
dan disampaikan kepada pelanggan (Tjiptono, Chandra, Adriana 2008:4).
Sedangkan menurut Kotler dan Keller (2012:5) pengertian
pemasaran adalah sebagai berikut : ―Marketing is a societal process by
which individuals and group obtain what they need and want trhough
creating, offering, and freely exchanging products and services of value
with others‖ (pemasaran adalah proses sosial yang didalamnya individu
dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan
produk yang bernilai dengan pihak lain. Pemasaran merupakan
(marketing) adalah proses dimana perusahaan menciptkakan nilai bagi
pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan
tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya Kotler
dan Amstrong (2008:6).
No comments:
Post a Comment