Antrian adalah kondisi kejadian yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari. Misalnya antrian penumpang pesawat di Bandara
Adisutjipto. Menurut Taha (2007:546), fenomena
menunggu atau mengantri merupakan hasil langsung dari keacakan dalam
operasional pelayanan fasilitas. Secara umum, kedatangan pengantri kedalam
suatu sistem dan waktu pelayanan untuk pengantri tersebut tidakdapat diatur dan
diketahui waktunya secara tepat, namun sebaliknya fasilitas operasional dapat
diatur sehingga dapat mengurangi antrian.Pada sistem antrian terdapat tiga
komponen dasar yaitu:
a.
Kedatangan atau input sistem
Kedatangan memiliki
karakteristik seperti ukuran populasi, perilaku, dan
sebuah distribusi statistik.
b.
Tipe antrian, atau antrian
itu sendiri
Karakteristik antrian
mencakup apakah jumlah antrian terbatas atau tidak terbatas panjangnya dan
materi atau orang-orang yang ada didalamnya.
c.
Fasilitas pelayanan
Karakteristiknya
meliputi desain dan distribusi statistik untuk pelayanan.
No comments:
Post a Comment