Saturday, July 20, 2019

Iklan (skripsi dan tesis)

Iklan bisa didefinisikan sebagai semua bentuk presentasi non-personal yang mempromosikan gagasan, barang, atau jasa yang dibiayai pihak sponsor tertentu (Sulaksana, 2005). Senada dengan Sulaksana, Wells et al (2003) mengatakan bahwa iklan adalah komunikasi non-personal yang dibiayai oleh suatu lembaga sponsor yang dilakukan media massa dengan tujuan membujuk atau mempengaruhi khalayak. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kotler (2006) yang mendefinisikan iklan sebagai segala bentuk penyajian non-personal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Iklan menurut Arens (Noviani, 2002) adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non-personal yang biasanya dibiayai dan bersifat persuasif, tentang produk-produk (barang, jasa, dan gagasan) oleh sponsor yang teridentifikasi, melalui berbagai macam media. Sedangkan Durianto (2003) mendefinisikan iklan sebagai semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non-personal yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Periklanan mempunyai dua fungsi dasar, yaitu (Wells et al, 2003) :
  1. Iklan suatu produk bermaksud untuk menginformasikan atau merangsang pembelian produk tersebut oleh konsumen.
  2. Iklan sebuah institusi didesain untuk membuat tanggapan yang positif dari masyarakat pada perusahaan yang memasang iklan. Penekanan utamanya pada citra perusahaan dan bukan pada barang yang dijual.

No comments:

Post a Comment