Thursday, March 23, 2023

Definisi Operasional akuntabilitas kinerja

 Variabel dalam penelitian ini difokuskan pada akuntabilitas kinerja Aparat Pemerintah Desa terutama dalam kegiatan pelayanan publik kepada masyarakat. Karena begitu luasnya kajian akuntabilitas kinerja bagi suatu organisasi pemerintah, maka dengan mengingat keterbatasan tenaga, waktu dan biaya peneliti, fokus akuntabilitas lebih ditekankan pada jenis Akuntabilitas Manfaat dan Prosedur. Kajian akuntabilitas ini merupakan pertanggungjawaban mengenai apakah suatu program atau kegiatan secara efektif telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan memperhatikan manfaatnya serta telah mempertimbangkan masalah moralitas, etika, keadilan, kepastian hukum dan ketaatan pada keputusan politik. Sedangkan dalam pengukurannya digunakan teknik secara umum sebagaimana dikemukakan oleh para ahli di depan yaitu dengan mereview kemajuan indikator kinerja atas pencapaian tujuan dan sasaran. Adapun cara-cara pengukurannya dapat diakukan melalui:

  1. Pembandingan antara kinerja nyata dengan kinerja yang direncanakan
  2. Pembandingan antara kinerja nyata dengan hasil (sasaran) yang diharapkan
  3. Pembandingan antara kinerja nyata dengan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya untuk mengetahui perkembangan dan trend data kinerja
  4. Pembandingan antara kinerja nyata dengan standarnya.

Dari uraian di atas, variabel penelitian yang dikaji dapat diuraikan sebagaimana matrik berikut ini :

Tabel 1 : Matrik Fokus Penelitian

 

No.

Variabel

Aspek

Sub Aspek

1

Akuntabilitas

 

Kinerja Aparat

 

Pemerintah Desa

-Efisiensi dan

Efektivitas

 

-Keadilan

 

-Daya tanggap

(Responsivitas)

-    Tingkat pencapaian tujuan

-    Tingkat akurasi dan sosialisasi informasi

-    Tingkat kelayakan

-    Kesamaan hak

-    Penghargaan dan hukuman

-     Kemampuan mengenali kebutuhan masyarakat

-    Adanya pemberdayaan akses publik

-    Kemampuan merespon opini publik

2

Pelayanan Publik

-Prosedur pelayanan

 

-Manfaat pelayanan

-    Transparansi

-    Kesederhanaan dan kemudahan akses

-    Tingkat kepuasan masyarakat

-    Tingkat kepercayaan masyarakat

 

 

 

No comments:

Post a Comment