Wednesday, November 15, 2023

Nilai Perusahaan

 


Menurut Noerirawan (2012), nilai perusahaan merupakan kondisi
yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai gambaran dari
kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah melalui suatu
proses kegiatan selama beberapa tahun, yaitu sejak perusahaan tersebut
didirikan sampai saat ini. Menurut Samuel (2000) dalam Nurlela &
Islahuddin (2008), menjelaskan bahwa enterprise value atau lebih
dikenal dengan nilai perusahaan (firm value) merupakan konsep penting
bagi investor, karena merupakan indikator bagi pasar untuk menilai
perusahaan secara keseluruhan. Nilai perusahaan dapat terlihat dari
kinerja perusahaan. Penilaian kinerja perusahaan dapat dinilai dari segi
analisis laporan keuangan berupa rasio keuangan dan dari segi
perubahan harga saham.
Tujuan utama dari suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan
nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan nilai perusahaan dapat
memberikan keuntungan dan kemakmuran bagi pemegang saham secara
maksimum apabila harga saham perusahaan terus meningkat.
Berdasarkan uraian tersebut, nilai perusahaan tercermin dari harga pasar
sahamnya, dimana harga pasar saham ditunjukan dari nilai kapitalisasi
pasar yaitu dengan mengalikan jumlah saham beredar dengan harga
saham penutupan (closing price). Nilai perusahaan dibentuk melalui
indikator nilai pasar saham karena sangat dipengaruhi oleh peluangpeluang investasi. Adanya peluang investasi dapat memberikan sinyal
positif tentang pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang
sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan

No comments:

Post a Comment