Meningkatkan nilai perusahaan merupakan tujuan utama dari
perusahaan. Nilai perusahaan bisa terjamin tumbuh secara
berkelanjutan apabila perusahaan memperhatikan dimensi ekonomi,
sosial, dan lingkungan hidup karena keberlanjutan merupakan
keseimbangan antara kepentingan-kepentingan ekonomi, lingkungan,
dan masyarakat. Pertanggungjawaban sosial perusahaan diungkapkan
dalam laporan berkelanjutan (sustainibility reporting). Corporate
social responsibility dapat berkelanjutan apabila program yang dibuat
oleh perusahaan berasal dari komitmen semua pihak dalam perusahaan.
Pelaksanaan CSR berperan penting dalam meningkatkan nilai
perusahaan sebagai hasil dari peningkatan penjualan dan profitabilitas
melalui loyalitas konsumen yang terbangun dengan cara kegiatan sosial
di lingkungannya (H. C. M. Putri & Raharja, 2013). Artinya bahwa
ketika perusahaan melakukan CSR akan membuat masyarakat memiliki
penilaian yang positif dan mereka akan loyal terhadap produk yang
dihasilkan.
Pelaksanaan CSR diharapkan akan mampu menaikkan nilai
perusahaan dilihat dari harga saham dan laba perusahaan (earning)
sebagai akibat dari ketertarikan investor untuk menanamkan saham di
perusahaan, karena kegiatan CSR merupakan keberpihakan perusahaan
terhadap masyarakat. Putri & Raharja (2013) menyatakan bahwa
semakin luas atau semakin besar pengungkapan CSR maka semakin
besar nilai perusahaan karena investor tertarik untuk berinvestasi pada
perusahaan yang tingkat pengungkapan tanggung jawab sosialnya
tinggi. Putri & Budiyanto (2018) melakukan penelitian untuk menguji
pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan
manajerial sebagai variabel moderating. Penelitian tersebut
menunjukan bahwa CSR berpengaruh signifikan dan positif terhadap
nilai perusahaan. Penelitian yang dilakukan oleh Murnita & Putra
(2018) juga menemukan bahwa CSR berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengungkapan CSR
mempunyai hubungan yang positif terhadap nilai perusahaan. Semakin
banyak pengungkapan CSR maka semakin tinggi pula nilai perusahaan
No comments:
Post a Comment