Friday, August 16, 2024

Pengertian Volume Penjualan

 


Volume Penjualan dapat dijabarkan sebagai umpan balik dari kegiatan
pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan. Volume penjualan
menunjukan produktifitas suatu perusahaan dan juga keberhasilan dalam
pemasaran. Semakin besar volume penjualan maka semakin besar pula
kemungkinan untuk mendapat keuntungan atau mengalami pertumbuhan laba
perusahaan. Keberhasilan usaha penjualan dapat dilihat dari volume
penjualan yang didapat. Dengan kata lain apakah usaha tersebut mendapatkan
laba atau tidak, sangat bergantung pada keberhasilan penjualan itu.
Menurut Henry Simamora (2000 : 575) mendifinasikan volume penjualan
sebagai berikut:
“Volume penjualan adalah jumlah unit produk atau jasa yang dapat dijual”
Mulyadi (2001 : 239) mendefinisikan volume penjualan sebagai berikut:
“Volume penjualan merupakan ukuran yang menunjukan banyaknya
ataubesarnya jumlah barang atau jasa yang terjual”
Peran serta biaya pemasaran sangat berpengaruh terhadap peningkatan
volume penjualan, pelaksanaan pemasaran yang tepat serta berjalan efektif
dan efisien mempunyai peranan dalam meningkatkan volume penjualan
suatu perusahaan. Semakin besar penjualan yang dihasilkan perusahaan,
maka semakin besar pula laba yang diperoleh oleh perusahaan.
Oleh karena itu volume penjualan merupakan salah satu hal yang sangat
penting yang harus dievaluasi yang memungkinkan perusahaan agar tidak
rugi. Jadi volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan
utama perusahaan dan bukannya kepentingan volume penjualan itu sendiri.
Berdasarkan penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa volume penjualan
merupakan hasil total yang didapatkan perusahaan dari kegiatan penjualan
barang dagangan. 

No comments:

Post a Comment