Saturday, March 14, 2020
Aspek-aspek Compulsive Buying (skripsi dan tesis)
Menurut Edwards (1993) berpendapat bahwa aspek-aspek dari compulsive buying terdiri dari: 1) Tendency to spend Pada aspek ini menjelaskan tingkat kecenderungan individu untuk berbelanja dan membeli secara berlebihan atau yang disebut sebagai “periode dalam berbelanja”. Aspek ini ditandai dengan banyaknya perilaku pembelian berulang yang sering dilakukan. 2) Compulsion / drive to spend Pada aspek ini mengukur tingkat dorongan yang terdapat dalam diri individu, tingkat dorongan dalam diri tersebut meliputi tingkat perasaan positif, tindakan kompulsi, dan impulsivitas dalam berbelanja, serta mengetahui bagaimana pola membeli pada individu. Pola dalam membeli ini biasanya dilakukan secara berulang dan cenderung membeli suatu jenis produk yang sama. 3) Feeling (joy) about shopping and spending Pada aspek ini menggambarkan tentang perasaan atau penilaian afektif individu akan aktivitas berbelanja itu sendiri. Individu biasanya cenderung merasakan rasa senang atau bahagia disaat berbelanja. Dimensi ini mengukur seberapa besar individu menikmati kegiatan berbelanja yang dilakukannya. 4) Dysfunctional spending Pada aspek ini menggambarkan masalah yang muncul hasil dari perilaku berbelanja yang dilakukan oleh individu. Masalah yang biasa muncul adalah perilaku berhutang demi membeli barang yang diinginkan akibat dari perilaku belanja individu yang bersangkutan, selain itu menyalahgunakan uang yang tidak diakomodasikan untuk berbelanja. 5) Post-purchase guilt Pada aspek ini menggambarkan perasaan bersalah, menyesal, dan rasa malu yang dirasakan setelah individu melakukan pembelian secara berlebihan. Individu baru merasa bersalah dan menyesal sesaat setelah ia melakukan kegiatan berbelanja yang berlebihan. Mereka tidak memikirkan kebutuhan yang benar-benar mereka butuhkan, melainkan membeli kebutuhan yang sebenarnya hanya memuaskan diri mereka demi mendapatkan kesenangan sesaat. Sejalan dengan aspek-aspek diatas mеnurut Faber, O’Guinn dan Krych (1987) compulsivе buying mеmiliki aspek-aspek sеbаgаi bеrikut: 1) Tendency to spend, pembeli kompulsif mеmpunyаi kеinginаn yаng kuаt untuk mеndаpаtkаn sеsuаtu sehingga para pembeli kompulsif lebih menunjukkan kecenderungan pengeluaran yang lebih tinggi daripada pembeli non kompulsif. 2) Reactive aspect, aspek ini berhubungan dengan respon individu terhadap dorongan kuat untuk membeli. 15 3) Post-purchase guilt, adаnyа pеrаsааn bersalah setelah pembelian yang dilakukan oleh individu. 4) Determined to be family environment, lingkungan berpengaruh terhadap perilaku berbelanja kompulsif yang dilakukan oleh individu (mencakup hubungan diantara anggota keluarga)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment