Kinerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh seseorang dalam
melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan
dengan kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.24 Setiap
perusahaan yang berhasil mencapai tujuannya dengan baik tidak luput
dari peran karyawannya yang memiliki kinerja yang baik pula. Untuk
itu setiap perusahaan harus meningkatkan kinerja karyawannya agar
mencapai standar tujuan perusahaan itu sendiri. Selain itu, untuk
meningkatkan kinerja karyawan pemimpin perusahaan memiliki peran
aktif dalam menggerakkan dan mengkoordinasi dalam memengaruhi
kinerja karyawannya.
Kinerja karyawan merupakan suatu tindakan yang dilakukan
karyawan dalam melaksanakan pekerjaan yang diberikan perusahaan.25
Berdasarkan pengertian kinerja karyawan yang telah di paparkan
diatas, kinerja karyawan merupakan hasil yang diperoleh karyawan
baik secara kualitas dan kuantitas atas pekerjaan yang diberikan oleh
perusahaan kepadanya. Kinerja karyawan merupakan tolak ukur untuk
menentukan sejauh mana para karyawan dapat mengemban tugas yang
diberikan kepadanya, namun tidak semua karyawan memiliki
kemampuan dan kualitas kerja yang sama Faktor-faktor kinerja karyawan antara lain adalah:26
1) Faktor internal
Merupakan faktor yang berhubungan dengan sifat-sifat
seseorang meliputi sikap, sifat-sifat kepribadian, sifat fisik,
keinginan atau motivasi, umur, jenis kelamin, pendidikan,
pengalaman kerja, latar belakang budaya, dan variabel-variabel
personal lainnya.
2) Faktor eksternal
Merupakan faktor yang berasal dari lingkungan,
kepemimpinan, tindakan-tindakan rekan kerja, jenis latihan dan
pengawasan, sistem upah dan lingkungan sosial.
No comments:
Post a Comment