Saturday, January 7, 2023

 Strategi Komunikasi Pemasaran (skripsi, tesis, disertasi)

 


Menurut Kotler (2007) strategi komunikasi pemasaran terapat dua jenis
stategi yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran yang bisa dilakukan
secara bersamaan dalam pelaksanaannya, kedua strategi itu adalah :
a. Push strategy (strategi mendorong),
Yaitu aktivitas promosi produsen kepada
retailer (biasanya dengan personal selling dan
trade promotion), dengan tujuan agar para
perantara itu memesan, kemudian menjual,
serta mempromosikan produk kekonsumen
akhir.
b. Pull strategy (strategi menarik),
Yaitu aktivitas promosi produsen kepada
konsumen akhir (biasanya dengan iklan dan
consumer promotion), dengan tujuan agar
mereka mencarinya pada para perantara, yang
pada giliranya kemudian perantara memesan
produk.
Push and pull adalah strategi komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk
melakukan pemasaran dan penjualan produk yang diciptakan oleh produsen.
Dalam pelaksanaannya, push and pull berjalan beriringan, namun yang menjadi
dasar pembedanya adalah media dan kapasitas program yang digunakan
berbeda, strategi push lebih menggunakan pedekatan secara lansung atau dalam
istilah marketing disebut sebagai personal selling, hal ini pada umumnya
dilakukan oleh usaha yang masih terbilang muda usianya untuk melakukan
promosi mereka dengan menyentuh langsung konsumen yang diinginkan dan
dituju oleh mereka.
Sedangkan penggunaan stategi pull lebih kepada arah penggunaan media
public relations dengan lebih besar jangkauannya, seprti penggunaan publikasi
yang besar dan melakukannya di beberapa titik untuk menjangkau pasar dengan
mudah.
Dari sudut pandang biaya operasional, sistem push lebih sedikit
menggunakan biaya dalam pelaksanaannya, sistem push merupakan sistem yang
lama dan terbilang masih sangat konvensiol namun memberikan efektifitas yang
cukup signifikan terhadap peningkatan penjualan dan kesadaran brand yang
diciptakan oleh produsen. Sementara strategi pull menggunakan biaya yang
lebih besar karena harus melakukan pengiklanan, humas (event public) untuk
mengenalkan usahanya kepada masyarakat. Kedua strategi ini memiliki
kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun bukan berarti kekurangan itu
menjadi penghalang utama.
Sebagai contoh sebelum jaman digital sudah menyentuh lapisan masyarakat
sekarang, strategi push memiliki keunggulan karena mereka mengunjungi
secara langsung konsumen mereka didalam setiap kesempatan, namun setelah
zaman digital menyentuh semua lapisan masyarakat maka strategi yang awalnya
dilakukan secara personel lebih dimudahkan dengan adanya kemajuan teknologi
yang memungkinkan personal selling dilakukan secara digital.
Begitu juga dengan strategi pull, jika dulu pull mengalami kesulitan untuk
melakukan advertising dan publikasi mereka karena terhalang jarak dan waktu,
dengan adanya kemajuan dunia digital pengguna strategi ini lebih mudah
dilakukan dengan memasang iklan mereka melalui sosial media mereka

No comments:

Post a Comment