Monday, October 16, 2023

Brand Communication

 


Menurut Schultz dan Barnes dalam Revanto (2016) brand
communication adalah cara perusahaan untuk dapat mengkomunikasikan merek
(brand) kepada konsumen, yang juga termasuk ke dalam brand strategy. Untuk
dapat mengkomunikasikan brand kepada konsumen, perusahaan menggunakan
komunikasi internal dan eksternal, antara lain dengan sales promotion, events,
public relations, direct marketing (pengiriman katalog, surat, telpon, faximile,
atau email), corporate sponsorhips yaitu penawaran produk/jasa dengan
bekerjasama dengan perusahaan lain sebagai sponsor, dan advertising yaitu cara
- cara untuk memperkenalkan produk/jasa melalui segala macam iklan.
Menurut Jones dan Kim dalam Chinamona (2016), komunikasi merek
adalah ketika ide atau citra suatu produk atau jasa dipasarkan sehingga kekhasan
diidentifikasi dan diakui oleh banyak konsumen. Komunikasi merek merupakan
elemen yang penting dalam hal membangun hubungan antara merek dengan
pemangku berkepentingan yang di tujui. Komunikasi merek merupakan elemen
integratif utama dalam mengelola hubungan merek dengan pelanggan,
karyawan, pemasok, anggota saluran, media, regulator pemerintah, dan
masyarakat (Zehir et al., 2011).

No comments:

Post a Comment