Komunikasi adalah transmisi pesan dari pengirim ke penerima dengan
menggunakan suatu bentuk signal yang dikirim melalui suatu media tertentu
(Schiffman dan Kanuk dalam Prasetijo dan Ihalauw, 2005 : 126). Oleh karena
itu, komunikasi visual adalah komunikasi yang menggunakan bahasa visual,
dimana bahasa visual merupakan kekuatan paling utama yang dapat dilihat dan
dapat digunakan untuk menyampaikan suatu pesan yang memiliki arti, makna
dan maksud tertentu. (Kusrianto, 2007 : 10).
Komunikasi visual menurut teori aesthetics harus didesain sedemikian
rupa agar memenuhi sisi fungsional sekaligus sisi estetika. Sisi fungsional yaitu
membuat pesan visual mudah dimengerti, sedangkan sisi estetika yaitu
membuat pesan lebih menarik dan menyenangkan bagi mata. (Moriarty et al.,
2011). Oleh karena itu, komunikasi visual yang digunakan suatu produk harus
bagus dan artistik atau memiliki nilai keindahan sesuai dengan pengertian
desain, yaitu seni yang dirancang untuk diterapkan pada suatu kepentingan
tertentu. (Sanyoto, 2006 : 18). Komunikasi visual diyakini sebagai tipe yang
paling diandalkan orang, dan itu termasuk tanda (sign), desain grafis, film,
tipografi, dan banyak lagi contoh lainnya (www.study.com).
Komunikasi visual adalah sebagian atau keseluruhnya bergantung pada
visi, dan disajikan atau diungkapkan dengan gambar dua dimensi, yaitu: tandatanda, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, warna dan sumber daya
elektronik. Tanda-tanda tersebut menggambarkan bahwa pesan visual yang
menyertai teks memiliki kekuatan yang lebih besar untuk menginformasikan,
mendidik, atau membujuk orang atau audiens.
Ada pula definisi komunikasi visual yaitu “The expression of ideas and
information using visual forms or aids [...]. Presentations may also include
photographs, charts, graphs, and diagrams to enforce or demonstrate ideas or
data" (Business Dictionary, 2015). Atau jika diartikan visual communication
adalah ekspresi dari ide dan informasi yang menggunakan bentuk atau alat
bantu visual. Presentasi dapat mencakup gambar, bagan, grafik dan diagram
untuk melaksanakan atau mendemonstrasikan ide dan data tersebut.
Dari definisi – definisi diatas dan digabungkan dengan definisi dari
brand communication maka dapat maka dapat ditarik sebuah definisi dari
visual brand communication yaitu adalah upaya sebuah perusahaan untuk
menginformasikan brand (merek) nya kepada konsumen melalui elemenelemen visual sehingga infromasi yang disampaikan dapat dimengerti dan
dipercaya oleh konsumen
No comments:
Post a Comment