Schiffman dan Kanuk (2004) menyebutkan faktor faktor yang
mempengaruhi terbentuknya atau terciptanya loyalitas merek adalah :
1. Perceived brand superiority (penerimaan keunggulan merek)
Yaitu dimana merek dapat diterima dengan baik oleh konsumen baik
secara langsung maupun tidak langsung yang berdampak kesetiaan
konsumen akan produk atau merek yersebut.
2. Personal fortitude (keyakinan yang dimiliki oleh seseorang terhadap
merek tersebut)
Yaitu konsumen yang yakin akan keunggulan merek dalam setiap
pemakaiannya.
3. Bonding with the Brand (keterkaitan dengan merek atau perusahaan)
Yaitu loyalitas yang baik bagi konsumen dimana terdapat hubungan
atau keterkaitan yang baik antara konsumen dengan merek ataupun
perusahaan yang keduanya sama-sama saling menguntungkan dengan
merek ataupun perusahaan yang keduanya sama-sama saling
menguntungkan akan kesetiaan tersebut.
4. Kepuasan yang diperoleh konsumen
Yaitu dari loyalitas merek tersebut konsumen mendapatkan kepuasan
yang lebih akan merek yang dikonsumsinya atau digunakan karena
pada dasarnya rasa puas akan berdampak pada pembelian jangka
panjang merek tersebut.
No comments:
Post a Comment