Wednesday, October 18, 2023

Nilai dan Keuntungan Brand Loyalty (Loyalitas Merek)

 


Menurut Edris (2009:5) jika loyalitas merek para pelanggan dikelola
dan dieksploitasi dengan benar, maka akan mempunyai potensi untuk
memberikan nilai dan keuntungan dalam beberapa bentuk. Adapun nilai dan
keuntungan loyalitas merek adalah sebagai berikut :
1. Pengurangan Biaya Pemasaran
Perusahaan yang memiliki bisnis pelanggan yang mempunyai loyalitas
merek yang tinggi dapat mengurangi biaya pemasaran perusahaan,
karena biaya untuk mempertahankan pelanggan jauh lebih murah
dibandingkan mendapatkan pelanggan baru.
2. Peningkatan Perdagangan
Loyalitas merek yang kuat akan meyakinkan pihak pengecer akan
memajang di rak-raknya, karena mereka mengetahui para pelanggan
akan mencantumkan merek merek tersebut dalam daftar belanjanya.
3. Menarik Konsumen Baru
Perasaan puas dan suka terhadap suatu merek akan menimbulkan
perasaan yakin bagi calon konsumen untuk mengkonsumsi merek
tersebut dan biasanya akan merekomendasikan merek yang ia pakai
kepada orang lain, sehingga kemungkinan dapat menarik pelanggan
baru.
4. Waktu Merespon
Loyalitas merek memberikan waktu, semacam ruang bernafas pada
perusahaan untuk cepat merespon gerakan gerakan pesaing. Misalnya,
jika salah satu pesaing mengembangkan produk yang unggul, seorang
pengikut yang loyal akan memberi waktu pada perusahaan agar
memperbaharui produknya.

No comments:

Post a Comment