Kinerja pegawai harus ditingkatkan agar tujuan dari suatu organisasi dapat
dicapai. Langkah-langkah dalam meningkatkan kinerja pegawai memiliki berbagai
cara, menurut Anwar (2011:22) sebagai berikut :
- Mengetahui adanya kekurangan dalam kinerja, dapat dilakukan dengan cara :
a. Mengidentifikasi masalah melalui data dan informasi yang dikumpulkan
terus-menerus mengenai fungsi bisnis.
b. Mengidentifikasi masalah melalui pegawai.
c. Memperhatikan masalah yang ada. - Mengenai kekurangan dan tingkat keseriusan, untuk memperbaiki keadaan ini
diperlukan berbagai informasi antara lain :
a. Mengidentifikasi masalah secepat mungkin.
b. Memnentukan tingkat keseriusan dengan mempertimbangkan harga yang
harus di bayar, apabila tidak ada kegiatan dan harga yang harus dibayar bila
ada campur tangan dan penghematan yang diperoleh apabila ada penutupan
kekurangan kerja.
c. Mengidentifikasi hal-hal yang mungkin menjadi penyebab kekurangan, baik
yang berhubungan dengan sistem maupun yang berhubungan dengan pegawai
itu sendiri.
d. Mengembangkan rencana tindakan untuk menanggulangi kekurangan
tersebut.
e. Melakukan rencana tindakan tersebut.
f. Melakukan evaluasi apakah masalah tersebut sudah teratasi atau belum.
g. Mulai dari awal bila perlu
No comments:
Post a Comment