Sikap kerja adalah respon atau pernyataan baik yang
menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan dalam melakukan
pekerjaan atau pengorbanan jasa, jasmani, dan pikiran untuk
menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa, yang dapat diukur dengan
keyakinan bahwa kinerja baik berasal dari bekerja keras, perasaan, dan
perilaku untuk mencapai tujuan. Robbins (2011) menjelaskan bahwa
sikap kerja berisi evaluasi positif atau negatif yang dimiliki oleh
karyawan tentang aspek-aspek lingkungan kerja mereka. Kariyawan
yang memiliki evaluasi positif terhadap segala sesuatu dilingkungan
kerja cenderung memiliki kepuasan terhadap pekerjaan yang tinggi dan
sebaliknya karyawan yang memiliki evaluasi negatif terhadap segala
sesuatu di lingkungan kerja maka cenderung akan merasa kurang puas
setelah bekerja dan adanya perasaan sedikit membosankan. Sikap kerja
sebagai tindakan yang akan diambil karyawan dan kewajiban yang
harus dilaksanakan sesuai dengan tanggung jawab yang hasilnya
sebanding dengan usaha yang dilakukan. Sikap kerja dapat dijadikan
indikator dalam sebuah pekerjaan dapat berjalan lancar atau tidak,
masalah antar karyawan ataupun atasan dapat mengakibatkan
terabaikannya sikap kerja. Kenneth (2011:129) menjelaskan bahwa
sikap kerja merupakan sikap seseorang terhadap pekerjaannya yang
mencerminkan pengalaman yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan dalam pekerjaannya serta harapan-harapannya terhadap
pengalaman masa depan.
No comments:
Post a Comment