Tuesday, June 25, 2024

Dimensi Brand Personality

 


Untuk mengukur seberapa jauh brand personality telah terbentuk atau
tidak, maka harus diukur berdasarkan pada dimensi-dimensi dari brand
personality tersebut. Menurut Aaker (1997) brand personality memiliki
lima dimensi yaitu sincerity, excitement, competence, sophistication dan
ruggedness. Dimensi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
A. Sincerity
Menurut Aaker sincerity terdiri dari beberapa subdimensi yaitu
honest yaitu kejujuran ketika memberikan ketulusan kepada orang
lain, down-to-earth merupakan ketulusan yang menggambarkan
kesederhanaan yang dimiliki merek, wholesome merupakan
ketulusan yang dimiliki merek yang dapat memberikan manfaat
bagi pelanggan, and cheerful merupakan ketulusan yang bisa
memberikan rasa riang kepada pelanggan ketika mengonsumsi
produk dari merek tersebut.
B. Excitement
Menurut Aaker excitement terdiri dari beberapa subdimensi yaitu
daring merupakan kepribadian merek yang berani didalam
memberikan pelayanan pengalaman kepada konsumen sehingga
memberikan kegembiraan bagi pelanggan, spirited merupakan
kegembiraan yang berasal dari rasa semangat yang diberikan oleh
merek kepada pelanggan, imaginative merupakan kegembiaraan
yang berasal dari proses imajinatif pelanggan ketika menggunakan
sebuah merek, Up-to-date merupakan kepribadian merek yang
dapat terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman
sehingga dianggap modern oleh pelanggan.
C. Competence
Competence merupakan kemampuan yang dimiliki sebuah merek.
Menurut Aaker competence terdiri dari beberapa subdimensi yaitu
reliable merupakan kemampuan yang dapat diandalkan oleh
pelanggan ketika menggunakan suatu merek, intelligent merupakan
kemampuan yang dinilai cerdas oleh pelanggan sehingga dianggap
unggul dari merek lain, successful merupakan kemampuan yang
dimiliki merek yang dapat membuat merek tersebut berhasil dalam
menarik perhatian pelanggan.
D. Sophistication
Menurut Aaker sophistication terdiri dari beberapa subdimensi
yaitu upper class merupakan kecanggihan yang dimiliki oleh
sebuah merek sehingga merek tersebut dinilai sebagai merek kelas
atas, charming merupakan kecanggihan yang dinilai menawan oleh
para pelanggan.
E. Ruggedness
Menurut Aaker ruggedness terdiri dari beberapa subdimensi yaitu
outdoorsy merupakan kemampuan yang dimiliki merek sebagai
sesuatu yang kokoh dan sulit disaingi diantara ketatnya persaingan,
tough merupakan kemampuan merek yang tangguh didalam
menghadapi persaingan pasar.

No comments:

Post a Comment