Menurut (Kotler, 2012) menyebutkan dimensi keputusan pembelian terdiri
dari:
- Pilihan Produk
- Pilihan Merek
- Pilihan Saluran Pembelian
- Waktu Pembelian
- Jumlah Pembelian
Adapun penjelasan dari dimensi keputusan pembelian diatas adalah - Pilihan produk adalah untuk membeli sebuah produk atau
menggunakan uang untuk tujuan tertentu maka konsumen dapat
perhatiannya kepada orang-orang yang berminat membeli sebuah produk
serta alternatif yang mereka pertimbangkan. - Pilihan merek yaitu konsumen harus memutuskan jenis merek yang
akan dibeli. Setiap merek memiliki perbedaan tersendiri. Perusahaan
harus mengetahui cara konsumen memilih sebuah merek, apakah
berdasarkan ketertarikan, kebiasaan, atau kesesuaian. - Pilihan saluran pembelian yaitu konsumen harus mengambil keputusan
tentang jenis penyalur yang akan dikunjungi, misalnya faktor lokasi,
harga, persediaan barang yang lengkap, kenyamanan berbelanja,
keluasan tempat dan sebagainya. - Waktu pembelian yaitu keputusan konsumen dalam pemilihan waktu
pembelian dapat berbeda-beda, misalnya ada yang membeli setiap hari,
satu minggu sekali, tiga minggu sekali, satu bulan sekali, dan
sebagainya. - Jumlah pembelian yaitu konsumen dapat mengambil keputusan
tentang jumlah produk yang akan dibelinya pada suatu saat. Pembelian
dilakukan mungkin lebih dari satu. Perusahaan harus mempersiapkan
jumlah produk sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda dari setiap
pembeli
No comments:
Post a Comment