Sunday, June 30, 2024

Dimensi Keputusan Pembelian

 


Menurut (Kotler, 2012) menyebutkan dimensi keputusan pembelian terdiri
dari:

  1. Pilihan Produk
  2. Pilihan Merek
  3. Pilihan Saluran Pembelian
  4. Waktu Pembelian
  5. Jumlah Pembelian
    Adapun penjelasan dari dimensi keputusan pembelian diatas adalah
  6. Pilihan produk adalah untuk membeli sebuah produk atau
    menggunakan uang untuk tujuan tertentu maka konsumen dapat
    perhatiannya kepada orang-orang yang berminat membeli sebuah produk
    serta alternatif yang mereka pertimbangkan.
  7. Pilihan merek yaitu konsumen harus memutuskan jenis merek yang
    akan dibeli. Setiap merek memiliki perbedaan tersendiri. Perusahaan
    harus mengetahui cara konsumen memilih sebuah merek, apakah
    berdasarkan ketertarikan, kebiasaan, atau kesesuaian.
  8. Pilihan saluran pembelian yaitu konsumen harus mengambil keputusan
    tentang jenis penyalur yang akan dikunjungi, misalnya faktor lokasi,
    harga, persediaan barang yang lengkap, kenyamanan berbelanja,
    keluasan tempat dan sebagainya.
  9. Waktu pembelian yaitu keputusan konsumen dalam pemilihan waktu
    pembelian dapat berbeda-beda, misalnya ada yang membeli setiap hari,
    satu minggu sekali, tiga minggu sekali, satu bulan sekali, dan
    sebagainya.
  10. Jumlah pembelian yaitu konsumen dapat mengambil keputusan
    tentang jumlah produk yang akan dibelinya pada suatu saat. Pembelian
    dilakukan mungkin lebih dari satu. Perusahaan harus mempersiapkan
    jumlah produk sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda dari setiap
    pembeli

No comments:

Post a Comment